Kelebihan Windows 10 Dibanding Windows 7 dan 8

redirect168google - Windows sudah jadi sistem operasi desktop untuk PC dan laptop yang paling populer di dunia saat ini. Sistem operasi berlambang jendela besutan Microsoft tersebut sudah mencapai versi Windows 10, dan deretan komputer dan laptop yang akan Anda beli dalam waktu dekat bisa dipastikan akan didominasi Windows 10.

Kelebihan Windows 10 Dibanding Windows 7 dan 8

Popularitas Windows 10 sendiri sudah lebih populer ketimbang Windows 7 dengan dipakai oleh lebih dari 32 persen PC dan platform lain di dunia per tahun 2018 lalu. Tentu masyarakat menimbang berbagai kelebihan Windows 10 dan akhirnya memutuskan bahwa Windows 10 adalah OS yang paling cocok dan relevan untuk pemakaian saat ini. Berikut berbagai kelebihan Windows 10 yang dirangkum dari berbagai sumber. Mari kita simak ulasannya.

Kelebihan Windows 10 Secara Umum

1. Cocok di Banyak Perangkat
Sudah barang tentu Windows 10 cocok digunakan untuk komputer dan laptop. Namun kecocokan ini tidak terbatas pada dua gadget itu saja, karena kelebihan Windows 10 adalah kecocokannya untuk digunakan di 2-in-1 PC atau tablet PC, Tablet, Smartphone berbasis Windows Phone, serta konsol game Xbox.

2. Kemampuan Multitasking Layaknya Mobile
Salah satu kelebihan Windows 10 adalah kemampuan multitasking yang lebih dioptimalkan. Jika di Windows lain Anda harus membuka tutup dan minimize aplikasi atau software berjalan untuk menjalankan sebuah tugas, di Windows 10 Anda bisamembuka beberapa aplikasi dan software dalam satu layar tanpa perlu menutup aplikasi sebelumnya, sehingga semua aplikasi bisa dipantau dengan optimal.

3. Adanya Aplikasi Command
Ada satu kelebihan Windows 10 yang menarik yakni aplikasi Command atau perintah, yang memungkinkan Anda 'berinteraksi' dengan komputer Anda. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetikkan perintah untuk melakukan berbagai tugas, bahkan bisa juga digunakan untuk menyelesaikan trouble pada komputer dan mencarikan solusi melalui fitur help secara offline maupun online.

Kelebihan Windows 10 Dibanding Windows 7
Windows 10 yang jauh lebih baru tentu menyimpan berbagai potensi kelebihan dari pendahulu dari dua generasi sebelumnya yakni Windows 7. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Teknologi Virtual Desktop
Salah satu kelebihan Windows 10 ketimbang Windows 7 adalah adanya teknologi virtual desktop yang bisa digunakan untuk membuat beberapa desktop dengan tema berbeda. Perbedaan tema ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang juga berbeda-beda. Teknologi ini tidak bisa dijumpai di Windows selain Windows 10.

2. Start Menu Dengan Tampilan Lebih Menarik
Setelah kemunculan terakhirnya di Windows 7, menu Start hilang di Windows 8. Nampaknya dari perubahan tersebut pengguna agak 'shock.' Akhirnya, Windows 10 melakukan penyempurnaan dari berbagai keluhan pengguna Windows 8. Hal ini berujung pada lebih dinamisnya menu Start yang akhidnya jadi salah satu kelebihan Windows 10.

3. Kemampuan Multitasking
Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, salah satu kelebihan Windows 10 adalah kemampuan multitasking yang lebih dioptimalkan. Jika di Windows lain Anda harus membuka tutup dan minimize aplikasi atau software berjalan untuk menjalankan sebuah tugas, di Windows 10 Anda bisamembuka beberapa aplikasi dan software dalam satu layar tanpa perlu menutup aplikasi sebelumnya, sehingga semua aplikasi bisa dipantau dengan optimal.

Kelebihan Windows 10 Dibanding Windows 8
Diklaim sebagai OS Windows terbaik yang pernah dibuat oleh Microsoft, Windows 10 telah dipersenjatai dengan berbagai fitur baru.

Windows 10 pun dikatakan sebagai bentuk 'penebusan dosa' Microsoft saat gagal memuaskan banyak konsumen dengan Windows 8. Berikut kelebihan Windows 10 dibanding Windows 8 :

1. Start Menu
Hilangnya tombol Start Menu di Windows 8-8.1 membuat banyak fans Windows kecewa. Nah, karena hal tersebut, Microsoft mengembalikan tombol Start Menu di Windows 10. Hebatnya, tombol Start Menu di Windows 10 disebut lebih mudah digunakan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.

2. Cortana
Bisa dikatakan bila Cortana adalah asisten digital canggih gabungan antara Siri-nya Apple dan Google Now-nya Google. Cortana di Windows 10 mampu menjawab pertanyaan lisan pengguna, memberikan pengingat, mengeset alarm, hingga melakukan update berita yang mungkin pengguna lewatkan.

3. Windows Hello
Windows Hello memungkinkan pengguna untuk 'melatih' PC untuk mengenali pemilik perangkat dan mengizinkannya untuk mengakses komputer. Sekilas, fitur ini mirip cara login ke komputer dengan memakai wajah Anda sebagai password.

4. Continuum
Fitur Continuum bisa membuat pengguna membuat layar smartphone berubah seperti layar komputer.

5. Browser Canggih
Microsoft Edge adalah browser yang memungkinkan pengguna menulis, hingga membuat gambar langsung di laman internet. Pengguna bahkan bisa mengirimkan hasil modifikasi laman internet tadi ke pengguna lain.

6. Desktop Khas Linux dan OS X
Di Windows 8.1, desktop Windows sama saja dengan sebuah aplikasi, tidak ada yang spesial. Tetapi di Windows 10, Microsoft mengusung model desktop jenis virtual mirip milik Linux dan OS X. Fitur ini sangat berguna bagi Anda tidak memiliki banyak monitor. Anda bisa mengeset satu tampilan desktop khusus untuk sosial media, dan lain untuk bekerja, atau hal lain.

Kelebihan Windows 10 Home, Pro, Enterprise, dan Education

Jika berbicara soal berbagai varian kelebihan Windows 10 Home, Pro, Enterprise dan Education, pada dasarnya kesemuanya memiliki fitur utama yang sama saja.

Bahkan jika dibedakan hanya dari User Interfae, User Experience, Start Menu, dan berbagai software atau fitur utama bawaan Windows, kesemua jenis Windows 10 ini sama saja dan memiliki kelebihan Windows 10 yang tak berbeda. Jadi, Berbagai kelebihan Windows 10 dari berbagai jenis ini sama dengan yang telah kami bahas di atas.

Namun ada beberapa hal yang berbeda. Pertama adalah soal Automatic Update. Automatic Update di Windows 10 Home tidak bisa dimatikan, dan Anda mau tak mau harus menerima update setiap saat.

Sedangkan di versi Pro, Anda bisa menunda Update hingga 8 bulan. Sementara di versi Enterprise serta Education, Automatic Update bisa dimatikan. Kedua, soal Business Experience di mana versi Home tidak memiliki fitur bisnis secanggih versi lainnya yakni Pro, Enterprise, dan Education.

Sekian pembahasan kami soal kelebihan Windows 10. Semoga bermanfaat bagi anda.

Popular posts from this blog

Jenis dan Fungsi Windows 10 Yang Berbeda

Kekurangan Windows 10 yang Perlu Diperhatikan